Jalan – Jalan Miaw Edisi Yogyakarta Part 1

Uwaaa ini jalan-jalannya udah lama banget berlalu, Cuma ga sempet buat di post karena pasti ceritanya bakal panjang banget dan karena kemarin – kemarin lagi di sibukkan dengan beberapa aktifitas (bukan aktifitas yang penting juga sih hhee)

Vacation kali ini aku, tari dan cicit menuju kekota yogyakarta. Kami menetapkan waktu keberangkan tanggal 12-15 maret 2013 untungnya tiket kereta progo waktu itu masih murah dengan kelas ekonomi (no AC) kami mendapatkan harga sekitar Rp 35.000 jadi Rp 70.000 kita sudah dapat kereta pulang pergi http://eemoticons.net

Ini adalah jalan-jalan pertama kami bertiga sebagai awal persahabatan sekaligus partner di Chacita shop. Perjalanan dimulai pada tanggal 12 maret malam, kami bertiga janjian di stasiun senen pukul  19.30 kalo gak salah kereta berangkat pukul 20.15 didalam kereta awalnya tempat duduknya pisah-pisah aku di 16C cicit di 16D dan tari di 17 C.
Tapi untung aja mas-mas yang duduk di sebelah gw mau diajak tukeran sama tari daripada dia roaming gara2 duduk di tengah-tengah pembicaraan para wanita wkkwkw J orang yang duduk di depan gw adalah seorang ibu dengan anak sekitar umur 5 tahun namun maaf anak itu agak sedikit berkebutuhan khusus secara mental. Tapi ibu itu dengan sabar mau mengurus anak itu. Didalam kereta itu karena no AC yang dikira suasana akan sejuk karena kita menuju kawasan yang nantinya akan di sekelilingin sawah dan pepohonan malah bikin kita kepanasan gak karuan, akhirnya baru satu jam perjalanan baju udah dipenuhi peluh.

Pada pukul 7.30 pagi kami tiba di stasiun lempuyangan, dengan badan yang lengket dan perut yang masih kosong kami menulusuri jalanan dengan jalan kaki tanpa naik kendaraan menuju trans jogja dengan tujuan malioboro untuk penginapan sampai 2 hari kedepan :) lumayan jauh ternyata jarak antara stasiun lempuyangan sampai ke transjogja.
Oiya harga trans jogja ini ternyata ga beda sama transjakarta yaitu Rp 3000.
Keadaan halte trans jogja ternyata jauh lebih sempit dibandingkan dengan halte transjakarta jadi kalo kita masuk ke halte pasti ada aja yang kesenggol karena jaraknya hanya bisa sampai 2 shaf (kayak solat aje hhee) terus bus nya juga ga sebesar trans jakarta mungkin karena perbedaan jumlah penduduk juga kali yakk. Didalem trans jogja ada sepasang suami istri yang sudah paruh baya, si Bapak sakit gitu tapi keliatannya dia keras kepala sedangkan sang istri dengan sabar melayani suaminya yaitu menyuapi sepotong kue ke mulut suami aww aww so sweet bangett meskipun udah tua :)
Dan kami turun di halte malboro 2, sebenarnya ini salah turun karena harusnya kami turun di halte malboro aja biar jarak ke penginapan jadi lebih deket, gpp lah itung itung ngebakar lemak sekaligus jadi apal jalanan malioboro ini hhee

Kami jalan menuju penginapan yang sebelumnya pernah menjadi tempat nginepnya cicit saat ia dan kakanya menginap di malioboro dan masuk kedalam kategori Murah Hahahaha Nama tempatnya adalah ”Betty Losmen” JL. Sasrowijayan Gang 2  (0274) 522301 / 0819 550 8387 / 0818 0278 1500 , tapi ada yang nyebelin disana banyak tukang becak yang merangkap sebagai calo penginapan juga dan kebetulan kami dapat yang agak sedikit memaksa. Kami sebelumnya sudah bilang kalo kami sudah tau tujuan kami nginep di betty losmen dan tidak perlu diantar tapi Bapak-bapak itu tetap aja ngikutin dari belakang, yaudah alhasil setibanya di losmen ketemu dengan bu betty di berikan kamar dan terjadi transaksi tawar menawar dan sekaligus curhat dengan bu betty tentang Bapak2 yang agak sedikit ”memaksa” itu. Akhirnya terjadilah kesepakatan sewa kamar jadi 180.000 untuk 2 hari plus tambahan 10rbu buat patungan bayar si Bapak2 itu yang masih menunggu diluar pagar. Kamarnya terdiri dari 1 kamar mandi dalam, 1 tempat tidur dan satu kipas angin. Kamarnya enak menurut gw Cuma sayangnya kamar mandi nya aja yang terlalu sempit yaitu memanjang tapi bukan lebar jadi kalo mau mandi harus nyamping biar gak kena tembok hhee.

Hari Pertama kami langsung diisi dengan jalan2 menuju jalanan malioboro plus cari makan disekitaran jalan malioboro. Selagi makan kami membicarakan ”mau kemana kita setelah ini?” karena tujuan utama tadinya ke GOA Pindul tapi karena cicit dan tari sedang halangan kata si tour guide yang kita tanya-tanya melalui sms bilang kalo yang berhalangan gak boleh kesana, karena kita takut kalo ada apa2 bila melanggar jadi kita lanjut ke acara berikutnya yang masih gak jelas. http://eemoticons.net
FYI setelah tiba di jakarta ternyata masuk ke GOA Pindul itu gak ada larangan apapun misal bagi yang berhalangan gak boleh ikut, nyesel deh jadinya gara2 ke jogja gak kesana

Ada kesalah pahaman diantara kami tentang letak candi prambanan, awalnya kami mau kesana tapi karena katanya candi prambanan itu jauh kalo gak salah di magelang dan ketika kami bertanya ke ibu penjual makanan dan di iyakan kalo candi prambanan itu letaknya jauh so akhirnya kami memutuskan jalan-jalan saja ke keraton. Karena banyak tukang becak yang menawarkan jalan2 jogja, (Keraton, Bakpia 25, Dagadu) dengan harga Rp. 5.000 jadi kami memutuskan memakai 2 becak untungnya si tukang becak yang mengantar aku gak bawel kayak si tukang becak yang nganter si tari karena tukang becak ini lebih pendiem dibandingkan tukang becaknya tari yang banyak omong dan suka nyindir http://eemoticons.net apalagi kami sama sekali ga beli apa2 jadinya abangnya ga dapet komisi dari toko deh hhii

Awal pertama tadinya mau di ajak ke bakpia 25 karena kita merasa itu tujuan yang bukan saatnya jadi kita lanjut ke toko joger yang mahal sampe ke yang KW ternyata kita ga beli apa-apa disana karena gak ada yang menarik dan harganya gak worthed bagi kami yang berprinsip irit ;)
So tibalah kami di keraton jogjakarta yeaahhhh !!!! dan again kami ketipu ternyata abangnya gak nungguin ampe kita pulang katanya sih udah ada trayeknya sendiri2 dan nanti gak enak ama abang becak yang udah di pangkalan keraton katanya. Tertipu kita padahal pas awal naik becak bilangnya PP hadehhhh dengan kecewa akhirnya kita bayar Rp 5.000 masing2 becak.

Kami beranjak masuk kedalam keraton dengan harga tiket 5.000 perorang plus tiket buat foto-foto Rp.1.000 kami bersyukur karena kami turis dalam negeri karena ternyata turis luar diberikan harga yang beberapa kali lipat lebih mahal dibandingkan turis dalam negeri hahahhaa

Didalam keraton ternyata area nya luas banget dan banyak abdi dalem berkeliaran dengan baju yang masih khas jogja tanpa pake alas kaki, suka banget sama suasana yang masih asli bukan hanya sekedar mempertahankan tradisi agar bisa mendapatkan keuntungan materi.

Didalam sana banyak turis asing dan salah satu yang menyita perhatian adalah sekelompok turis dari jepang, mereka menyewa tour guide yang fasih bahasa jepangnya, dari jarak beberapa meter gw asyik ngedengerin si tour guide ngomong pake bahasa jepang dengan menjelaskan sejarah masing – masing tempat yang ada di istana keraton ini. Area keraton jogja ini terdiri dari beberapa museum sesuai sejarahnya masing-masing. Dan semuanya kami masuki hhiii (plus poto poto dong)

Setelah selesai berkeliling area keraton kami ke masjid untuk solat dzhur karena 2 rekan gw sedang berhalangan so gw solat sendiri, saat badan udah lemes karena capek plus kepanasan saat kena air wudhu tuh nyess bangettt ademmm... hhiii
Nah saatnya kami pulang, kami mencari becak sebagai alat transportasi kami pulang, gak disangka ternyata harga becak buat pulang ini jauh lebih mahal dari pada saat berangkat rata-rata memberi harga 20.000 – 25.000 satu becak. Akhirnya kami menawar sekian banyaknya becak dan mentok di harga Rp 15.000 OMG karena keuangan menipis so kami hanya menyewa 1 becak yang ditumpangi 3 orang, kebayang gak ngerinya gw saat kami bertiga di antar naik becak itu bapak2 yang nganter mengayuh sepedanya dengan sekuat tenaga, agak gak tega juga liatnya karena dia sampai berpeluh dan sering menghela napas saking beratnya wkwkwk dan yang lucu adalah semua orang yang lewat bahkan sesama penumpang becak juga ngeliat becak kami dengan muka aneh sampe-sampe gw, tari dan cicit ketawa ngakak mulu ngeliat muka para pemerhati kami itu http://eemoticons.net

Pasar Beringharjo

Setelah si abang bersusah payah mengayuh sepeda sampailah kami di pasar beringhajo yeiiii ini pasar lumayan lengkap dan cocok buat beli banyak barang dan oleh-oleh, tapi tetep karena pasar tradisional ada aja yang ngasih harga tinggi apalagi kami gak bisa bahasa daerah so jangan lupa di tawar yakk.. kami banyak dapat barang disini, mengelilingin pasar ini ternyata lumayan melelahkan, karena gw liat ada cewek yang makan sate, gw jadi ngiler so gw ikut beli sate juga hhee sedangkan si tari beli pecel tapi tunggu dulu disana ada makanan yang aneh karena ada sate yang kayak terbuat dari lemak daging sapi
Sate Lemak
gitu kelihatannya enak jadi akhirnya gw nyoba sate itu juga harganya agak mahal Rp. 2000/tusuk kalo gak salah untuk sate lemak itu  tapi pas dimakan ternyata rasanya enyakkkk nyam nyamm.setelah lelah akhirnya kami kembali ke losmen.

Setelah shalat ashar dan mandi akhirnya kami melanjutkan perjalanan ke alun-alun selatan kota jogja, itu loh yang ada 2 pohon beringin yang ada mitosnya siapa yang bisa melewati diantara 2 pohon beringin dengan lurus tidak berbelok-belok maka itu menandakan hatinya bersih / tulus.
Awalnya mau naik becak lagi ke alun-alun selatan tapi sepertinya naek andong lebih asyik sudah beberapa andong ditawar tapi harganya lumayan mahal pasti lebih dari 100.000 semua, entah mengapa radar meongku berpijar langsung mengarah ke salah satu andong dan aww aww ternyata saat dia memalingkan wajah, dia mas mas, masih muda dan juga manis :P hhii
Karena ini mas masnya masih muda dan kelihatannya baik jadi terjadilah prosesi tawar menawar dan mentok di harga Rp 60.000 dengan catatan dari mas nya kalo dialun alun jangan lama-lama dan kami berjanji gak akan lama dan gak lebih dari 1 jam. :D
Disepanjang perjalanan kami berbincang-bincang dengan si mas pengendara andong ini. Orangnya lucu ternyata maklum masih muda jadi humornya ada hhee

Sesampainya di alun-alun kami langsung menuju tempat penjaja makanan, niat utama adalah makan cemilan bukan makanan berat. Cicit menuju kopi joss yang memang sudah ia idam-idamkan dari sebelum berangkat ke jogja, sedangkan gw menuju ke cilok.

Jujur gw suka banget sama cilok di jogja ini, enyaakkkk didalem ciloknya kayak ada tulang muda gitu dengan bumbu saos sama kecap dan rasanya itu cenderung pedes sih tapi enakkkkk dan gara2 makan cilok di jogja itu gw jadi kesem sem sama cilok setelah sampai dijakarta tapi sayang cilok di jakarta ga ada yang se enak cilok di jogja dari bumbunya juga beda kalo di jakarta kebanyakan pake bumbu kacang.

Trus gw sama tari beli sate lemak lagi tapi disini lebih murah harganya yaitu Rp 1500/tusuk plus dikasih
gratisan satu sama si mbok penjual Cuma sayang rasa sate nya gak seenak yang di pasar beringhajo pantes aja harganya beda, kalo di beringharjo sate nya lebih kering dan gak bikin lidah jadi berlemak gitu kalo di alun2 satenya gak begitu kering dan meninggalkan bekas lemak setelah dimakan.
Abis itu  gw juga nyobain kopi jos nya cicit rasanya kayak kopi item biasanya Cuma bedanya mungkin di sensasi nya kali yak minum tapi pake areng gituuu, dan salah satu fungsi areng adalah biar bikin kopi joss jadi gak cepet dingin dan panasnya terjaga hhee
Gw juga mencoba wedang ronde karena sebelumnya dijakarta gw gak pernah nyoba, agak mahal kalo menurut gw, isi rondenya Cuma 3 trus kacang sama roti nya sedikit banget bisa diitung pake jari dengan harga Rp 5.000

Pas kami pulang si mas-mas andong lagi ngasih makan si kuda dan ngelus-ngelus si kuda dengan penuh kasih sayang #lebayyyy, aahhh suka bangett ngeliat cowok yang sayang sama binatang :P niatnya mau foto sama abangnya juga tapi karena si kuda lagi ngambek jadi si abang ga bisa ninggalin nenangin kudanya jadinya Cuma kita bertiga deh yang di foto sama si abang. *sedih padahal mau buat kenang2an hhaa*
Sebenarnya gw agak sedih kalo naek delman abis gw ga tega ngeliat si kuda narik beban berat plus di sambit sambit pake tali gitu.. mau nangiss gw tapi gw harus kuat wkwkwk
Di sepanjang perjalanan kita ngobrol lagi sama si abang, kalo di sinetron2 biasanya abang2 kayak gini tuh yang kerja buat cari tambahan uang kuliah dan si mas2 ini suka bikin kesem sem penumpangnya karena manis #halahh
Ternyata si abang cerita kalo umurnya baru 22 tahun, dan dia kerja pake delman pamannya bukan  delman nya dia jadi nanti dia setoran ke pamannya gitu, katanya dia juga sempet tinggal di kebun jeruk buat ketempat saudaranya gitu tapi gak betah soalnya macet dan gak seramah orang2 di jogja *kayak culture shock gitu deh* si abang kita tawar buat nganterin pulang dari losmen ke lempuyangan tapi ternyata si abang tetep kasih harga yang lumayan kali ini jadinya kita pulang tanpa dia dehh hhee

Pas pulang karena sebelum berangkat tari ngebet banget pengen nyoba magelangan jadinya si tari ama gw makan dulu tapi ternyata magelangannya ga ada sodara2 jadinya kami makan nasi goreng ahhaa, dan disini ada fenomena lucu http://eemoticons.net
Gw ketemu orang jepang yang tadi gw temuin di keraton jogja. Itu rombongan orang jepang lagi ngobrol2 sama seorang pria sekitar 30 tahunan gitu deh dan ngomong pake bahasa jepang secara fasih. Lucunya dimana ? karena si lelaki jepang itu dipanggil sensei sama salah satu laki-laki jogja dan si laki2 jogja ini sepenangkapan gw kayak lagi ngelatih bahasa jepangnya sendiri ke sensei tadi (sependengaran gw sensei itu ngajar bahasa jepang ke orang indonesia di jogja) semua kata2 dicampur2 ke jepang dan inggris jadi kalo laki2 jogja itu ga tau bahasa jepangnya apa, dia bakal selipkan bahasa inggris sebagai kata ganti bahasa jepang itu, dan si laki2 ini selalu menyelipkan kata2 imasuka. Seakan2 semua kata2 jepang harus pake kata itu diakhirnya J sepenangkapan gw si laki2 ini cerita tentang istrinya dan si pria jepang Cuma bisa nyaut haik haik tanda menyimak sambil iya2in aja omongan si laki2 jepang ini hhiii setelah berbincang2 si laki2 jogja itu pergi. Dan si pria ini bercengkrama dengan bocah jogja gw ga tau itu anaknya apa bukan tapi si anak manggil dia papa, tapi mamanya adalah yang masak nasi goreng, jadi gw dapat menyimpulkan si pria jepang ini nikah sama wanita jogja, menetap di jogja, dan jadilah anak itu ;)) *sotoy banget gw* hhii http://eemoticons.net