Kaizen, prinsip sukses orang jepang

Mengapa jepang menjadi negara yang maju dan terdepan dalam inovasi? mau tau apa rahasia suksesnya? salah satu kunci sukses orang jepang karena memegang prinsip Kaizen.

Kaizen berasal dari bahasa jepang, kai = merubah dan zen = lebih baik, sehingga kata tersebut jika digabungkan menjadi "usaha melakukan perbaikan yang berkelanjutan menjadi lebih baik dari sebelumnya". prinsip kerja ini sangat sederhana sebenarnya namun sangat sulit di implementasikan bagi orang yang tidak bersungguh - sungguh ingin berubah. dalam prinsip Kaizen ini yang terpenting adalah melakukan perubahan lebih baik sedikit - demi sedikit asalkan berkelanjutan. 
.

awal bermulanya konsep ini bisa diambil dari contoh pada perusahaan otomotif di jepang. pada awal mulanya amerika lah yang memimpin perusahaan otomotif nya ford, dikarenakan sudah sangat majunya perusahaan otomotif di negara tersebut maka jepang belajar mengenai konsep pembuatan mobil amerika dari seorang tokoh amerika yang berniat membantu jepang bankit dari keterpurukan pasca perang.  dari tahun ketahun belajar konsep mobil yang dibuat oleh amerika selalu saja sama yaitu dengan mengandalkan kendaraan yang besar dan kuat tanpa memperhatikan design model yang lebih baru yang diinginkan konsumen yaitu cenderung kotak untuk bentuknya. maka jepang mengambil langkah baru dengan membawa konsep pembuatan mobil tersebut di jepang, namun orang jepang tidak merasa puas disana dan mengembangkan konsep tersebut. sehingga pada akhirnya muncul lah mobil - mobil jepang dengan konsep yang lebih fresh yaitu dengan mengandalkan design mobil, kenyamanan saat digunakan dan ringan. dan tidak hanya berhenti disana, mereka selalu melakukan inovasi - inovasi baru pada produknya. hingga pada saat itu perusahaan otomotif jepang seperti honda, kawasaki, yamaha dll memasuki pasar amerika dan ternyata mengalahkan penjualan mobil buatan amerika itu sendiri, bagaimana tidak ? mobil jepang lebih inovatif , nyaman dan harganya lebih murah, sedangkan mobil amerika masih selalu sama dari tahun ketahun.
kemudian mulailah amerika mengadopsi prinsip kesuksesan di jepang yaitu kaizen dan mulai mengerjar ketertinggalannya.
dan konsep kaizen itu pun mulai diterapkan di seluruh lini perusahaan di dunia sampai dengan saat ini,

0 comments:

Posting Komentar

Foto Saya
yume_no_hikari
Many things in this world we don't know, starting to find out, and look from different point of view.
Lihat profil lengkapku